Minggu, 08 Februari 2015

JANGAN TINGGALKAN SHALAT


JANGAN TINGGALKAN SHALAT

“. . .Sesungguhnya shalat itu adalah kewajiban yang ditentukan waktunya atas orang-orang yang beriman”. (QS. An Nisa : 103)

                Shalat adalah ibadah untuk mengingat kepada Allah, shalat fardhu memiliki kedudukan yang agung dalam Islam. Dari Abdillah bin Mas’ud, ia berkata, Aku bertanya kepada Nabi SAW : “Amalan apakah yang paling utama dan dicintai oleh Allah?”, Beliau menjawab, “Shalat tepat pada waktunya”, Aku bertanya lagi, “Kemudian apa?”, Beliau menjawab, “Berbakti kepada orang tua”, Kemudian aku bertanya lagi, “Selanjutnya apa lagi?”, Beliau menjawabnya, “Jihad fi sabilillah (berjuang di jalan Allah)” (HR.Bukhari dan Muslim)

Keutamaan Shalat Lima Waktu antara lain :

1.       Amalan yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat

Sabda Rasulullah SAW : “Sesungguhnya amal hamba yang pertama kali akan dihisab pada hari kiamat adalah shalatnya. Apabila shalatnya baik, dia akan mendapatkan keberuntungan dan keselamatan. Apabila shalatnya rusak, dia akan menyesal dan merugi...” (HR.Bukhari dan Muslim)

2.       Pewaris surga Firdaus dan kekal di dalamnya

Firman Allah SWT : “Sungguh beruntung orang-orang yang beriman... dan orang-orang yang memelihara shalatnya, mereka itulah orang-orang yang akan mewarisi, (yakni) yang akan mewarisi surga Firdaus. Mereka kekal di dalamnya.” (QS. Al Mu’minun : 1,2 & 11)

3.       Menghapuskan dosa-dosa dan kesalahan, selama tidak melakukan dosa-dosa besar

Dari Abu Hurairah, Rasulullah SAW bersabda : “Shalat lima waktu dan jumatan ke jumatan yang lain menghapuskan (dosa-dosa yang terjadi) diantaranya, selama dosa-dosa besar tidak dikerjakan.” (HR.Muslim)

4.       Meredakan kemurkaan Allah SWT

Dari Abdullah bin Mas’ud, Rasulullah bersabda : “Kalian terbakar kalian terbakar, lalu bila kalian sudah mengerjakan shalat Subuh maka shalat itu mencucinya. Kemudian kalian terbakar dan kalian terbakar, lalu bila kalian sudah mengerjakan shalat dzuhur maka shalat itu mencucinya. Kemudian kalian terbakar dan kalian terbakar, lalu bila kalian sudah mengerjakan shalat Ashar maka shalat itu mencucinya. Kemudian terbakar dan kalian terbakar, lalu bila kalian sudah mengerjakan shalat Maghrib maka shalat itu mencucinya. Kemudian kalian terbakar dan kalian terbakar, lalu bila kalian sudah mengerjakan shalat Isya’ maka shalat itu mencucinya, kemudian kalian tidur dan tidak ditulis atas kalian sampai bangun.” (HR.Thabrani)

5.        Merupakan nur yang menerangi di dunia dan diakhirat

Dari Abu Malik Al Asy’ari Rasulullah SAW bersabda : “Bersuci adalah separuh dari iman, alhamdulillah memenuhi timbangan amal, subhanallah dan alhamdulillah keduanya memenuhi (atau ia memenuhi) yang diantara langit dan bumi, shalat adalah nur, shadaqah adalah bukti, sabar adalah cahaya dan Al Quran sebagai hujjah bagimu atau untukmu.”(HR. Muslim)

6.       Berkumpul bersama Nabi SAW kelak di surga

Dari Rabiah bin Ka’ab ia berkata : “Aku pernah bermalam bersama Rasulullah aku mengambil air untuk beliau berwudhu dan kebutuhan beliau, lalu beliau bersabda, “Mintalah kepadaku” Aku berkata “Aku minta kepadamu agar aku kelak bersamamu di surga” Beliau berkata, “Tidaklah ada selain itu?” Aku berkata, “Itulah permintaanku”. Beliau berkata, “Kalau begitu, bantulah aku dengan banyak sujud”. (HR.Muslim)

7.       Lebih berharga daripada dunia dan seisinya

Abu Hurairah berkata bahwa Rasulullah pernah melewati sebuah kuburan, lalu beliau bertanya : “Siapa penghuni kuburan ini?” Mereka menjawab, “Fulan” Lalu beliau bersabda : “Dua rakaat (shalat) lebihh disukai oleh orang ini daripada semua dunia yang bada pada kalian”. (HR. Thabrani)

8.       Shalat mencegah hamba dari perbuatan keji dan mungkar

Allah SWT berfirman : “Bacalah apa yang telah diwahyukan kepadamu, yaitu Al Kitab (Al Quran) dan dirikanlah shalat. Sesungguhnya shalat itu mencegah dari (perbuatan-perbuatan) keji dan mungkar....” (QS.Al Ankabut : 45)

9.       Shalat sebagai cara meminta pertolongan kepada Allah

Allah Ta’ala berfirman dalam surat Al Baqarah : 45 “Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penolongmu”. Arti tersebut di dalam kitab Irsyadul ‘Ibad sebuah hadits yang dikutip dari kitab Zawajir. Menjelaskan tentang keutamaan shalat lima waktu, yaitu :

1.       Allah akan menghilangkan darinya kesulitan hidup

2.       Allah akan mengankat darinya siksa kubur

3.       Allah akan berikan buku catatan amalanya dari arah kanannya

4.       Dia akan melewati jembatan (shirat) seperti kilat

5.       Dan dia akan masuk kedalam surga tanpa hisab

Bahaya meninggalkan shalat

A.      Ketika di dunia :

1.       Dihilangkan keberkahan umurnya

2.       Dihapuskan tanda orang-orang yang saleh dari wajahnya

3.       Setiap amal (kebaikan) yang dilakukannya tidak akan dibalas oleh Allah SWT

4.       Do’anya tidak akan diangkat ke langit

5.       Tidak akan mendapatkan bagian dari do’anya orang-orang saleh

6.       Dibenci oleh manusia

B.      Ketika menghadapi kematian :

1.       Akan mati dalam keadaan hina

2.       Akan mati dalam keadaan lapar

3.       Akan mati dalam keadaan kehausan, (seandainya diminumkan kepadanya seluruh air lautan, maka tidak akan cukup untuk menghilangkan rasa dahaganya)

C.      Ketika berada didalam kubur :

1.       Di sempitkan kuburnya sehingga tulang-tulang rusuknya melesak

2.       Di nyalakan bara api didalam kuburnya, hingga dia bergulingan diatasnya, siang dan malam

3.       Di temani seekor ular besar bernama Syuja’ul Aqro yang kedua matanya terbuat dari api, dan kukunya terbuat dari besi...maka dia akan mendapatkan siksa tersebut sampai hari kiamat

D.      Ketika hari kiamat :

1.       Mengalami hisab yang berat

2.       Mendapatkan murka Allah SWT

3.       Dan dimasukkan kedalam neraka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar