Selasa, 20 Januari 2015

CARA TIDUR YANG BAIK

CARA TIDUR YANG BAIK
  Kadang kita ketika tidur mengalami gangguan maupun setelah bangun tidur. Masalah tersebut diantaranya berasal dari posisi tidur, alangkah baiknya jika kita memperbaiki posisi tidur dengan cara:
1. Miring
    Jika tidur dengan posisi miring hendaknya bantal jangan terlalu rendah dan tinggi,          gunakanlah bantal sponge. Untuk mengimbangi posisi tubuh agar tidak bergerak hendaknya kaki mengempit guling. Hal ini bertujuan agar tidak berubah posisi ke telentang dan tengkurap, jika berubah maka cara yang ini tidak cocok digunakan di posisi telentang dan tengkurap.
2. Telentang

    Posisi tubuh lurus dan untuk mengimbangi tulang bagian belakang di beri bantalan handuk tepatnya di pinggang. Hal ini untuk mengantisipasi tuanya agar tidak bungkuk.
3. Tengkurap
    Hendaknya menggunakan bantal yang bisa menyesuaikan lekuk wajah atau bantal khusus   tetapi posisi tidur ini membuat kepala, dada, perut tertekan jadi agak kurang nyaman.

Hal-hal yang harus diperhatikan ketika tidur :
- 1/3 dari usia kita gunakan untuk tidur, jadi perhatikanlah waktu tidur dengan baik.
- Anda yang biasanya tidur 8 jam lalu memutuskan untuk tidur 10 jam. Jangan kaget ketika   bangun mendapatkan bonus kepala pusing. Hal ini disebabkan karena karbon dioksida (CO2) mengendap terlalu lama di tubuh kita. Ketika tidur tubuh lebih lambat bernafas, selain itu CO2 juga mengundang nyamuk, tidak heran jika tidur kadang digigit nyamuk.
- Hendaknya tidur miring ke kanan. Mengapa demikian? Agar jantung tidak tertimpa organ-organ dalam lain. Jika tidur miring ke kiri jantung akan tertimpa organ-organ lain dan memaksa jantung bekerja lebih keras. Padahal ketika tidur jantung butuh istirahat. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar