Jumat, 23 Januari 2015

MASALAH YANG DIHADAPI KETIKA MAKAN

MASALAH YANG DIHADAPI KETIKA MAKAN
Ada beberapa masalah ketika kita sebelum makan, ketika makan, sesudah makan diantaranya sebagai berikut :
1. Tangan Berbakteri
Sebelum makan hendaknya Anda mencuci tangan, bila di wastafel sebaiknya gunakan sabun padat karena sabun cair jika terus digunakan juga bisa menyebabkan biduran(gatal-gatal sekujur tubuh). Apabila sudah mencuci tangan lalu tangan mematikan kran jadi kotor lagi, justru tempat bakteri paling banyak ada di sekitar itu karena ganggang kran jarang dibersihkan. Alangkah baiknya bila mematikan kran tidak menggunakan telapak tangan melainkan siku atau lainnya walaupun agak aneh.
2. Brain Freeze
Yaitu otak yang membeku akibat dari makanan atau minuman yang terlalu dingin dapat menyebabkan pembengkakan pembuluh darah. Dapat diatasi dengan cara lidah menekan langit-langit mulut selama beberapa menit dan atur pernapasan dengan rileks.
3. Cegukan
Enak-enak makan tiba-tiba cegukan, sungguh mengganggu kenikmatan makan. Cegukan disebabkan karena udara terlalu banyak masuk ke dalam tubuh sehingga sampai ke pencernaan mengakibatkan otot diafragma kejang. Ada 3 cara untuk mengatasi cegukan, pertama menghirup udara dalam-dalam lalu ditahan sampai tidak kuat menahan baru dikeluarkan, kedua memanipulasi karbon dioksida(CO2) contohnya meniup plastik atau balon, ketiga minum air putih. Hindari tertawa yang terlalu lama karena udara banyak yang masuk ke dalam tubuh.
4. Bahaya Setelah Makan Langsung Tidur
Walaupun sepele tetapi hal ini berbahaya bagi kesehatan karena makanan yang ada di lambung bisa terangkat ke tenggorokan selain itu dapat menimbun lemak yang menyebabkan tubuh gemuk. Secara medis, beri jeda 2 jam bila ingin tidur hal ini agar makanan yang ada di dalam tubuh bisa dirombak oleh lambung.
5. Keracunan Makanan Atau Diare
Salah satu penyebabnya adalah MSG(Monosodium Glutamat). MSG dapat menyebabkan kepala pusing dan mual dan mencegahnya jangan mengonsumsi penyedap rasa, sebelum membeli lihat dulu tabel komposisi untuk menghindari penyedap rasa, micin dan MSG. Hal-hal yang harus diperhatikan ketika makan es krim : jangan biarkan di ruangan terbuka hingga melelehkan karena mudah terkontaminasi bakteri, buah dan sayur : biasakan cuci dulu sebelum dimasak untuk menghilangkan sisa pestisida dan juga perhatikan cara penyajian.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar